RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
............................
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas
/ Semester : IX / II
Standar Kompetensi :
5. Memahami hubungan manusia dengan
bumi.
Kompetensi Dasar : 5.1.
Menginterpretasikan peta tentang pola dan bentuk-bentuk
muka bumi.
Alokasi
waktu : 6 jam pelajaran ( 3 x
pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah
mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
- Menganalisis bentuk-bentuk muka bumi pada peta.beserta nama-namanya.
- Mengidentifikasi simbol-simbol bentang alam pada peta
- Membuat diagram/penampang melintang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
- Membuat dan mengubah peta kontur menjadi penampang bentuk muka bumi.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pembelajaran :
1.
Bentuk-bentuk muka bumi pada peta.
2.
Diagram Bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
3.
Teknik/Cara pengambaran bentuk muka bumi pada peta.
C. Metode Pengajaran :
1.
Ceramah
bervariasi
2.
Diskusi
3.
Inquiry
4.
Tanya
Jawab
5.
Simulasi
6.
Pengamatan
( observasi )
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
Materi : -
Bentuk-bentuk muka bumi pada peta.
a.
Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2.
Motivasi
dengan beberapa pertanyaan misalnya :
-
Mengapa
permukaan bumi tidak rata?
-
Pernahkah
kalian pergi kepantai atau ke gunung? Sebutkan apa saja yang kamu lihat?
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru
meminta siswa untuk memperhatikan peta.
F
Siswa
menyebutkan relief yang ada pada peta.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
menyimpulkan kegiatan guru.
F
Guru
memberikan pertanyaan pada siswa dengan berdiskusi interaktif.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Membuat
kesimpulan.
F
Melakukan
tes yang berhubungan dengan materi.
F
Memberi
tugas individu agar siswa menyebutkan contoh relief daratan dan dsar laut lewat
gambar majalah atau Koran.
2. Pertemuan II
Materi :
- Diagram bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
- Pola dan bentuk obyek geografis.
a.
Pendahuluan :
1.
Memeriksa
kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2.
Motivasi
dengan beberapa pertanyaan misalnya :
-
Berilah
contoh relief permukaan bumi dan dasar laut?.
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru
meminta siswa untuk memperhatikan gambar-gambar bentuk permukaan bumi daratan
dan dasar laut.
F
Siswa
menjelaskan perbedaan daratan dan dasar laut.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Secara
bergantian siswa maju ke depan untuk menunjukkan contoh relief daratan dan
dasar laut.
F
Secara
kelompok siswa membuat kesimpulan tentang bentuk muka bumi daratan dan dasar
laut.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik
yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
tes yang berhubungan dengan materi di atas.
F
Memberi
tugas individu di LKS.
E. Sumber Belajar:
1.
Buku
-
Buku
IPS kelas IX
-
Buku
paket Geografi kelas IX
-
Buku
IPS kelas IX penerbit umum
2.
Guru
3.
OHP
4.
Gambar-gambar
5.
CD
6.
Peta
Kontur
F. Penilaian Hasil Belajar:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Menganalisis
bentuk-bentuk muka bumi pada peta.
Ü Membuat
diagram/ penampang melintang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
Ü Mendeskripsikan
pola dan bentuk obyek geografis sesuai dengan bentang alam.
|
Tes harian
Tes unjuk kerja
Tugas
|
Tes Uraian
Produk
Tugas rumah
|
Ü Jelaskan empat dari bentuk muka
bumi daratan.
·
Ü Buatlah penampang bentuk muka
bumi daratan dan dasar laut!
Ü Amatilah peta bentuk muka bumi
Pulau Kalimantan. Jelaskan pola dataran rendah dan pegunungan di pulau tersebut!
|
a.
Pilihan
ganda
1)
Berikut
ini bentuk-bentuk muka bumi daratan, kecuali…….
a.
Bukit c. Palung
b.
Danau d. gunung
2)
|
|
|
|
Pada
gambar di atas, lembah ditunjukkan pada angka…….
a.
1 c. 3
b.
|
|
3)
|
|
Pada gambar di atas, palung ditunjukkan pada angka…….
c.
4 c. 2
d.
3 d. 1
4. Lembar
penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
di nilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1-5
|
1-5
|
1-5
|
1-5
|
||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
Keterangan aspek
yang di
nilai.
Ø Komentar. 5
Ø Isi sesuai dengan materi. 5
Ø Jumlah (banyak
sedikitnya) 5
Ø Kerapian 5 +
Jumlah skor maksmum
Nilai =skor perolehan : 2
Mengetahui,
Kepala Sekolah
..................
( …………………………………. )
NIP/NIK :
....................................
|
……………, ……………… 20 ….
Guru Mapel IPS,
( …………………………………. )
NIP/NIK :
....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
............................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IX / II
Standar Kompetensi :
5. Memahami hubungan manusia dengan
bumi.
Kompetensi
Dasar : 5.2. Mendeskripsikan keterkaitan unsur-unsur
geografis dan penduduk di
Alokasi :
4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
1.
Menunjukkan letak geografis kawasan Asia Tenggara.
2.
Menginterprestasikan peta untuk mendapatkan informasi
bentang alam di kawasan Asia Tenggara.
3.
Mendeskripsikan keadaan iklim di kawasan Asia Tenggara.
4.
Mendeskripsikan Sumber daya alam di kawasan Asia
Tenggara.
5.
Menyajikan
informasi data kependudukan ( jumlah, persebaran, suku bangsa) dan mata
pencaharian di kawasan Asia Tenggara.
6.
Memberikan contoh barang-barang perdagangan antar negara
di kawasan Asia Tenggara.
7.
Memberikan contoh bentuk kerjasama Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pembelajaran:
1. Unsur-unsur fisik dan sosial kawasan Asia
Tenggara.
2.
Bentang alam di kawasan Asia Tenggara.
3.
Iklim di kawasan Asia Tenggara.
4.
Sumber daya alam di kawasan Asia Tenggara.
5.
Penduduk di kawasan Asia Tenggara.
6. Kegiatan ekonomi penduduk di kawasan Asia
Tenggara.
7.
Kerjasama Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.
C. Metode Pengajaran :
1.
Ceramah
bervariasi
2.
Diskusi
3.
Tanya
Jawab
4.
Simulasi
5.
Pengamatan
( observasi )
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
Materi : - Unsur-unsur fisik dan sosial kawawan Asia
Tenggara.
- Bentang alam kawasan Asia Tenggara.
- Iklim di kawasan di Asia Tenggara
a. Pendahuluan :
1. Memeriksa kehadiran
siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2.
Motivasi
dengan mengajukan pertanyaan :
-
Di negara mana dan tempat tinggal kita?
-
Sebutkan
iklim di Indonesia ?
3. Apersepsi: Sebutkan negara di kawasan Asia Tenggara.
- Berdasarkan letak
astronomisnya kawasan Asia Tenggara mempunyai iklim apa saja?
b.
Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru
menyajikan peta Asia Tenggara.
F
Guru
memberi informasi unsur fisik dn sosial dan bentang alam di kawasan Asia
Tenggara.
F Guru memberi informasi tentang iklim di kawasan Asia
Tenggara.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Membentuk
kelompok diskusi a “ 4 kelompok.
F
Siswa
mempresentasikan hasil diskusi.
F
Siswa
mengumpulkan hasil diskusi.
F
Guru
menyimpulkan.
F
Siswa
menulis hasil kesimpulan dari guru.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
3.
Pertemuan II
Materi : - SDA di kawasan di Asia Tenggara.
-
Kependudukan di kawasan di Asia Tenggara.
-
Kegiatan ekonomi penduduk dan kerjasama Indonesia dengan
negara-negara di kawasan di Asia Tenggara
a. Pendahuluan :
1. Memeriksa kehadiran
siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2.
Motivasi,
dengan mengajukan pertanyaan :
-
Beri contoh daerah penghasil minyak di Indonesia ?
-
Adalah
keluarga atau tetangga yang bekerja di luar negeri.
3. Apersepsi: - Apakah negara-negara di kawasan Asia Tenggara
juga mempunyai tembang minyak?
- Kegiatan ekonomi /
mata pencaharian utama di kawasan Asia
Tenggara
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru
menyajikan peta Asia Tenggara.
F
Guru
memberi informasi SDA & kependudukan di kawasan Asia Tenggara.
F
Dengan
peta siswa menunjukkan persebaran SDA di negara di kawasan Asia Tenggara.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Dengan
tanya jawab siswa dapat menyelesaikan kependudukan negara di kawasan Asia
Tenggara.
F
Guru
menyimpulkan materi SDA & kependudukan di kawasan Asia Tenggara.
F
Siswa
menulis hasil kesimpulan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik
yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
E. Sumber Belajar;
1.
Buku
-
Buku IPS kelas IX
-
Buku IPS kelas IX penerbit Yudhistira
2.
Guru
3.
OHP
4.
Peta
5.
Gambar-gambar
F. Penilaian Hasil Belajar:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Menunjukkan
letak geografis kawasan Asia Tenggara.
Ü Menginterpretasi
peta untuk mendapatkan informasi bentang alam kawasan Asia Tenggara.
Ü Mendeskripsikan
keadaan iklim di kawasan Asia Tenggara.
Ü Mendeskripsikan
sumber daya alam di kawasan Asia Tenggara.
Ü Penyajikan
informasi data kependudukan (jumlah, persebaran, suku bangsa), dan mata
pencaharian di kawasan Asia Tenggara.
Ü Memberikan
contoh barang-barang perdagangan antar negara di kawasan Asia Tenggara.
Ü Memberikan
contoh bentuk kerjasama Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia
Tenggara.
|
.Tes tulis
Tes unjuk kerja
Tes tulis
Tes tulis
Tes lisan
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes Uraian
Produk
Tes Uraian
Tes Uraian
Daftar pertanyaan
Tes Uraian
Tes Uraian
|
Jelaskan letak geografis kawasan Asia Tenggara!
Buatlah peta kawasan Asia Tenggara. Cantumkan pada peta tersebut
obyek-obyek:
-
Laut-laut
-
Sungai-sungai
-
Pegunungan/gunung
Berdasarkan letak lintangnya beriklim apakah Asia Tenggara?
Sebutkan bahan tambang dari negara Indonesia dan Malaysia.
Sebutkan negara-negara di Asia Tenggara yang dihuni oleh Ras Mongoloid
Melayu.
Sebutkan empat komoditas utama dari Negara Thailand
Berikan empatkerjasama Indonesia dengan Malaysia bidang kebudayaan!
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
..................
( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................
|
……………, ……………… 20 ….
Guru Mapel IPS,
( …………………………………. )
NIP/NIK :
....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
............................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester :
IX / II
Standar Kompetensi :
5. Memahami hubungan manusia dengan bumi.
Kompetensi Dasar :
5.3.Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas
benua dan samudra.
Alokasi :
4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
1. Menunjukkan letak/posisi benua-benua dan
samudera-samudera di muka bumi pada peta.
2. Menjelaskan batas-batas wilayah geografis
tiap-tiap benua dengan bantuan peta dunia.
3. Menyebutkan sedikitnya 4 karakteristik
tiap-tiap benua di muka bumi.
4. Menyebutkan sedikitnya 3 karakteristik
tiap-tiap samudera di muka bumi.
5.
Menjelaskan pembagian kawasan benua-benua di muka bumi selain
benua Ausralia dan Antartika.
6.
Menyebutkan sedikitnya 2 contoh negara-negara di
tiap-tiap kawasan benua.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pembelajaran:
1. Letak/posisi benua-benua dan samudera
a.
Letak
astronomis
b.
Letak
geografis
2. Batas wilayah benua-benua dan samudera
3. Karakteristik benua-benua
4. Karakteristik samudera-samudera
5. Pembagian kawasan benua-benua
6.
Contoh negara-negara di berbagai kawasan benua
C. Metode Pengajaran:
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Tanya
Jawab
4.
Pengamatan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Pertemuan I
a.
Pendahuluan :
- Apersepsi: - guru memberikan
pengantar bahwa bumi dibagi ke dalam beberapa bagian: daratan, perairan, dan
udara; dilengkapi dengan contoh-contohnya.
- berapa jumlah
benua dan samudera di bumi ?
- Motivasi: - setiap bagian bumi
memiliki fungsi bagi kehidupan manusia (dilanjutkan dengan tanya jawab sekilas
tentang fungsi tersebut)
- guru memberikan
pengantar bahwa tiap benua dan
samudera memiliki
ciri khasnya masing-masing
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
dengan
tanya jawab menyebutkan contoh-contoh terjadinya perubahan sosial.
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Membagi
siswa ke dalam 8 kelompok.
F
Setiap
kelompok membuka/menyiapkan atlas dunia dan buku sumber (atlas dan buku sumber
bisa disiapkan oleh guru)
F
Setiap
kelompok mengkaji atlas dan buku sumber dengan bantuan Lembar Kerja untuk
memperoleh kompetensi mengenai posisi-posisi benua-benua dan samudera, dan
batas-batas wilayah geografis setiap benua dan samudera (Lembar Kerja terlampir)
F
Siswa
meminta dua kelompok secara bergantian untuk menyajikan hasil kerja kelompoknya
di hadapan kelompok-kelompok lain. Kelompok lain memberikan tanggapan.
F
Kelas
dibagi ke dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 siswa
(Kelompok Kooperatif)
F
Guru
membagi tugas, dimana setiap siswa dalam kelompok memperoleh tugas yang saling
berbeda. Pembagian tugas sebagai berikut:
Ø Siswa pertama: mengidentifikasi
karakteristik Benua Asia dan Eropa
Ø Siswa kedua : mengidentifikasi
karakteristik Benua Afrika
dan Amerika
Ø Siswa ketiga :mengidentifikasi
karakteristik Benua
Australia, Samudera Pasifik, dan Hindia
Ø Siswa keempat : mengidentifikasi
karakteristik Samudera
Pasifik dan Atlantik
F
Siswa-siswa
di berbagai kelompok yang memperoleh tugas yanag sama berhimpun menjadi satu
(Kelompok Ahli)
F Kelompok ahli melakukan kajian buku sumber
untuk memperdalam bidang tugasnya masing-masing.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
membuat
kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi.
F
Guru
menyampaikan informasi kepada siswa bahwa tugas disuksi belum selesai, dan akan
dilanjutkan pada pertemuan yang akan datang
F
melakukan
penilaian
2. Pertemuan II.
a. Pendahuluan :
- apersepsi :
guru menyampaikan kepada siswa bahwa hari ini akan melanjutkan diskusi pada
minggu yang lalu (karena belum selesai)
: Bagaimanakah urutan benua-benua di bumi
mulai dari
yang terbesar ?
-
Motivasi : Mengingat ukuran benua sangat
besar, maka diperlukan
pengelompokan-pengelompokan wilayah di setiap benua.
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
dengan
tanya jawab menyebutkan contoh-contoh terjadinya perubahan sosial.
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Setelah
menyelesaikan diskusinya di kelompok ahli, semua siswa kembali ke kelompok
kooperatif.
F
Di
kelompok kooperatif siswa menyampaikan hasil kerjanya di kelompok ahli kepada
teman-teman yang tergabung pada kelompok kooperatif. Kegiatan ini dilakukan
secara bergantian.
1.
Siswa dibagi menjadi 8 kelompok.
2.
Melalui bantuan lembar kerja, setiap kelompok melakukan
pembagian kawasan di setiap benua dan dilengkapi contoh negara-negara di
dalamnya. Kegiatan ini dilakukan dengan bantuan buku-buku sumber dan atlas
dunia. Adapun pembagian tugasnnya sebagai berikut:
F
Kelompok
I dan V : Benua Asia
F
Kelompok
II dan VI : benua Afrika
F
Kelompok
III dan VII : Benua Eropa
F
Kelompok
IV dan VIII : benua Amerika
F
Guru meminta 4 kelompok yang meakilai Asia, Eropa., Afrika, dan
Amerika untuk menyajikan hasil kerja kelompoknya. Kelompok lain memberikan tanggapan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
E. Sumber Belajar
1.
Buku IPS kelas IX,
2.
Atlas
Dunia
3.
Peta Dunia/Peta Eropa/Peta Asia/Peta Afrika/Peta Amerika
4.
Buku
pelatihan terintegrasi berbasis kompetensi
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Mendeskripsikan
proses pembentukan benua.
Ü Menginterpretasi
peta dunia dan atau globe untuk mendapatkan
informasi tentang posisi benua-benua dan samudera.
Ü Mendeskripsikan
karakteristik masing-masing benua.
Ü Memberi contoh
negara-negara di masing-masing kawasan benua.
Ü Menginterpretasi
peta dunia untuk mendapatkan informasi tetang karakteristik masing-masing
samudera.
|
· Tes ter
· tulis
·
·
· Tes unjuk
kerja
·
· Tes tulis
·
·
·
·
·
·
· Tes tulis.
·
·
· Tes unjukkerja
·
|
· Tes Uraian
·
·
·
· Tes
identifikasi
·
· Pilihan ganda
·
·
· Tes Uraian.
· Tes petik
kerja produk
·
|
·
Sebutkan bukti-bukti bahwa antara benua Afrika dan benua Amerika pernah
menyatu!
·
Tunjukkan lima benua di dunia pada peta !
·
Ciri-ciri bentang alam Asia Selatan antara lain ....
a.
daerah Pegunungan Tinggi
b.daerah gurun yang luas
c.
didominasi dataran rendah
d.lembah sungai dan dataran
rendah
§
§ Sebutkan masing-masing dua
jenis tumbuhan dan hewan yang hidup di Samudera Arktik !
§
§ Buatlah peta persebaran benua
dan samudera di dunia pada kertas HVS.
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
..................
( …………………………………. )
NIP/NIK :
....................................
|
……………, ……………… 20 ….
Guru Mapel IPS,
( …………………………………. )
NIP/NIK :
....................................
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah :
............................
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas
/ Semester : IX / II
Standar Kompetensi :
6. Memahami usaha mempertahankan
Republik Indonesia.
Kompetensi Dasar :
6.1. Mendeskripsikan
perjuangan bangsa Indonesia merebut
Iran
Barat.
Alokasi
: 6 jam pelajaran (
3 x 40 menit )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
- Menjelaskan latar belakang terjadinya perjuangan mengembalikan Irian Barat.
- Mengidentifikasi perjuangan diplomasi dan ekonomi dalam upaya mengembalikan Irian Barat.
- Mengidentifikasi perjuangan dengan konfrontasi politik dalam upaya mengembalikan Irian Barat.
- Mengidentifikasi pelaksanaan Trikomando rakyat (Trikora) untuk merebut Irian Barat.
- Mendeskripsikan persetujuan New York dan pengaruhnya terhadap penyelesaian masalah Irian Barat.
- Menjelaskan arti penting penentuan pendapat rakyat (Pepera) Irian Barat.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pembelajaran :
- Latar belakang terjadinya perjuangan mengembalikan Irian Barat.
- Bentuk-bentuk perjuangan diplomasi,politik dan ekonomi .
- Bentuk-bentuk perjuangan melalui konfrontasi politik .
- Isi Trikora.
- Tahap-tahap operasi pembebasan Irian Barat.
- Persetujuan New York.
- Papera.
C. Metode Pengajaran :
Pendekatan CTL
1.
Ceramah
bervariasi
2.
Diskusi
3.
Tanya
Jawab
4.
Penugasan
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
Materi : - Latar belakang terjadinya perjuangan mengembalikan Irian Barat.
- Bentuk-bentuk perjuangan
diplomasi, politik dan ekonomi.
a.
Pendahuluan :
1.
Apersepsi :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas.
Meminta salah satu siswa untuk memimpin menyanyikan lagu Dari Sabang Sampai
Merauke
2.
Motivasi
:
-
Meminta salah satu siawa untuk menunjukkan letak P Irian
Barat pada peta Indonesia .
-
Memberi pertanyaan tentang isi perundingan KMB
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
dengan
tanya jawab menyebutkan contoh-contoh terjadinya perubahan sosial.
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
membagi kelas dalam 8 kelompok , setiap kelompok terdiri dari 5 siswa.
F
Guru
membagi kartu pokok permasalahan :
F
Kelompok
Natsir 1 dan 2 : Upaya perundingan kabinet pada masa demokrasi Liberal untuk
pengembalian Irian Barat.
F
Kelompok
Sukiman 1 dan 2 : Perjuangan
diplomasi pengembalian Irian Barat
Melalui forum PBB
F
Kelompok
Ali Sastroamijoyo 1 dan 2 : Perjuangan pengembalian Irian BaratDengan
pembentukan pemerintahan sementara Tahun 1956.
F
Kelompok
Burhanudin Harahap 1 dan 2 : Perjuangan pengembalian Irian Barat Melalui
ekonomi.
F
Masing
– masing kelompok berdiskusi, guru membimbing dan mengadakan penilaian .
F
Guru
meminta kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok lain Menanggapi
.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Membuat
kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi.
F
Memberikan
refleksi dengan memberi tanggapan.
F
Memberikan
tugas individu pada siswa untuk mengerjakan latihan soal yang sudah yang
disiapkan guru.
2. Pertemuan II
Materi : - Terjadinya perjuangan bersenjata.
- Isi Trikora
- Operasi mandala.
- Persetujuan New York
- Pepera.
a.
Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan .
2.
Apersepsi
dengan mengajukan pertanyaan :
-
Berikan
penjelasan bahwa bangsa kita sebagai bangsa pemberani dan pejuang ?
- Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan kelas.
- Guru meminta siswa memberi penjelasan tentang
kata damai?
3. Motivasi:
-
Guru
meminta siswa memberikan penjelasan arti pentingannya persatuan kesatuan bagi bangsa Indonesia tentang
kaliamt bersatu kita teguh bercerai kita runtuh.
-
Guru
meminta siswa tentang kepanjangan Pepera !
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru
meminta siswa secara berurutan untuk menuliskan kata kunci yang berkaitan
dengan perjuangan bersenjata dalam pengembalian Irian Barat.
F
Siswa
diminta memberi nomor atau kode dari
kata kunci yang berhubungan dengan kata TRIKORA, Operasi militer,
Pertempuran Laut Aru, tokoh atau pemimpin
F
Siswa
diminta memberikan ulasan atau pejelasan tentang kata pokok diatas.
F Siswa diminta untuk menyimpulkan tentang
latar belakang perjuangan bersenjata, isi Trikora dan Operasi Mandala.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Kelas
dibagi dalam 6 kelompok .
F
Guru
memasang alat permainan kata dan mengacaknya .
F
Guru
meminta kelompok 1,2,dan 3 untuk
memasang kartu informasi pada
F
Peraga
dipapan tulis dalam waktu yang singkat, kelompok 4,5,dan 6 memberi
F
tanggapan hasil kerja kelompok sebelumnya.
F
Tiap
kelompok untuk membuat kesimpulan tentang Pokok-pokok usulan Bunker, Perjanjian
New York, dan Pepera.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
E. Sumber Belajar;
1.
Khasanah
ilmu pengetahuan sosial 3 penerbit .
2.
Buku-buku sejarah yang relevan.
3.
Peta Indonesia.
F. Penilaian Hasil Belajar:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
· Menguraikan latar
belakang terjadinya perjuangan mengembalikan Irian Barat
· Mengidentifikasi perjuangan diplomasi dalam upaya mengembalikan Irian Barat
· Mengidentifikasi
perjuangan dengan konfrontasi politik dan ekonomidalam upaya mengembalikan Irian Barat
· Mengidentifikasi pelaksanaan Trikomando Rakyat
(Trikora) Untuk merebut Irian Barat
· Mendiskripsikan Persetujuan New York
dan pengaruhnya terhadap penyelesaian
masalah Irian Barat
· Menjelaskan arti penting Penentuan pendapat rakyat
(Pepera)
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Penugasan
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes pilihan
ganda
Tes Uraian
Tes Uraian
Tugas proyek
Tes Uraian
Tes Uraian
|
Latar belakang
terjadinya perjuangan mengembalikan Irian Barat ialah....
a. Belanda mendirikan
ngara boneka Papua
b. Belanda mengirimkan
kapal induk di perairan Irian
c. belum dilakukan jajak
pendapat bagi rakyat Irian
d. Belanda tidak menepati
janji untuk menyelesaikan Irian
Sebutkan contoh- contoh
perjuangan diplomasi dalam upaya menembalikan Irian Barat
Sebutkan
Contoh- contoh perjuangan dengan konfrontasi politik dan ekonomi dalam upaya
mengembalikan Irian Barat
Buatlah
laporandari hasil pengamatan gambar
–gambar danpeta pelaksanaan Tri komando rakyat (Trikora)
Sebutkan isi
persetujuan New York dan jelaskan pengaruhnya terhadap penyelesaian masalah Irian Barat
Jelaskan arti penting Penentuan pendapat Rakyat
(Pepera)
|
a
Lembar
Penilaian Proses (diskusi)
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
dinilai dan rentang nilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1-5
|
1-5
|
1-5
|
1-5
|
||||
1
2
dst
|
Daryono
Handoyo
|
3
4
|
5
4
|
3
5
|
4
4
|
15
17
|
Aspek diskusi yang dinilai
:
Ø Keaktifan dalam kelompok
Ø Keberanian menyampaikan
pendapat
Ø Kebenaran dalam menjawab
Ø Menghargai pendapat
Mengetahui,
Kepala Sekolah
..................
( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................
|
……………, ……………… 20 ….
Guru Mapel IPS,
( …………………………………. )
NIP/NIK :
....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah :
............................
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas
/ Semester : IX / II
Alokasi
: 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan )
Standar Kompetensi :
6. Memahami usaha mempertahankan Republik Indonesia.
Kompetensi Dasar : 6.2.
Mendeskripsikan peristiwa tragedi nasional peristiwa
Madiun/PKI, DI/TII, G.30 S/PKI dan konflik-konflik internal
lainnya.
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah
mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
1. Menjelaskan hubungan antara pemerintah
pusat dan daerah pada masa-masa awal setelah proklamasi.
2. Menjelaskan sebab-sebab terjadinya
pemberontakan PKI di Madium tahun 1948.
3. Menjelaskan proses terjadinya pemberontakan
PKI di Madium tahun 1948.
4. Menjelaskan cara-cara mengatasi/menumpas
pemberontakan PKI di Madiun.
5. Menjelaskan tujuan pemberontakan darul
Islam diberbagi daerah di Indonesia.
6. Menunjukkan lokasi daerah-daerah tempat
terjadinya pemberontakan DI/TII pada peta.
7. Menjelaskan hubungan antara pemberontakan DI/TII
diberbagai daerah di Indonesia.
8. Menjelaskan cara-cara mengatasi
pemberontakan DI/TII di Jawa Barat, Jawa Tengah, Aceh dan Sulawesi Selatan.
9. Menjelaskan kondisi ekonomi masyarakat
Indonesia sebelum pecahnya pemberontakan PKI tahun 1965.
10. Menjelaskan keadaan politik pemerintah
Republik Indonesia sebelum pecahnya pemberontakan PKI tahun 1965.
11. Menjelaskan kondisi sosial budaya
masyarakat Indonesia sebelum pecahnya G. 30 S/PKI.
12. Menjelaskan secara singkat terjadinya
pemberontakan G. 30 S/PKI.
13. Menjelaskan cara mengatasi/menumpas
pemberontakan G. 30 S/PKI.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pembelajaran :
1. Hubungan pemerintah pusat dan daerah pada
masa awal kemerdekaan.
2. Sebab-sebab terjadinya pemberontakan PKI di
Madium.
3. Proses pemberontakan PKI di Madium.
4. Penumpasan pemberontakan PKI di Madiun.
5. Tujuan pemberontakan DI/TII.
6. Daerah-daerah tempat terjadinya pemberontakan
DI/TII.
7. Kaitan pemberontakan DI/TII antara daerah
di Indonesia.
8. Cara-cara mengatasi pemberontakan DI/TII di
berbagai daerah.
9. Kondisi ekonomi, politik dan sosial budaya
di Indonesia sebelum pecahnya pemberontakan PKI tahun 1965.
10. Proses pemberontakan PKI tahun 1965.
11. Cara mengatasi/penumpasan pemberontakan G.
30 S/PKI.
C. Metode Pengajaran :
1.
Ceramah
bervariasi
2.
Diskusi
3.
Tanya
Jawab
4.
Penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
-2-3
Materi :
1 - 4
a.
Pendahuluan :
1.
Memeriksa
kehadiran siswa, mengisi buku jurnal KDM, kerapaian dan ketertiban siswa.
2. Apersepsi
:
-
Guru
memajang peta Indonesia dengan mengajukan berbagai pertanyaan tentang
pemerintah pusat dan daerah.
-
Dan
dilanjutkan dengan pertanyaan : apakah hubungan pusat – daerah pada masa awal
kemerdekaan sudah berjalan dengan baik?
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
diminta memperhatikan peta di depan, dan memperhatikan penjelasan guru tentang
hubungan pemerintah pusat dan daerah, hingga menimbulkan terjadinya
pemberontakan-pemberontakan di daerah.
F
Siswa
mencari dan menyebutkan contoh-contoh pemberontakan yang pernah terjadi di
Indonesia.
F
Siswa
membaca teks dalam buku untuk menemukan sebab-sebab terjadinya pemberontakan
PKI di Madiun.
F
Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang proses pemberontakan PKI di Madiun. Dan
cara penumpasannya, diselingi tanya jawab
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
E. Sumber Belajar ;
1.
Buku
IPS Yang relefan.
2.
Peta
Indonesia
3.
Nara
sumber
4.
Gambar-gambar
pahlawan
5.
Foto-foto
dokumen
6.
Guru
F. Penilaian Hasil Belajar :
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
· Mendiskripsikan
terjadinya peristiwa Madiun/ PKI dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam
penanggulangannya.
· Mendeskripsikan
terjadinya peristiwa DI/TII dan cara yang dilakukan oleh pemerintah untuk
penaggulangannya
· Mengidentifikasi
keadaan politik ,ekonomi, sosial ,dan
budaya sebelum terjadinya peristiwaG.30 S/PKI
· Mendiskripsikan
terjadinya perstiwa G 30S/PKIdan cara penumpasannya
|
Tes tulis
Tes tulis
Wawancara
Tes tulis
|
Tes Uraian
Tes Uraian
Pedoman
wawancara
Tes Uraian
|
Jelaskan
terjadinya peristiwa Madiun /PKI dan jelaskan cara yang dilakukan pemerintah
untuk menaggulanginya
Jelaskan
terjadinya peristiwa DI/TII dan cara pemerintah dalam penaggulangannya
Lakukan
wawancara kepada tokoh-tokohatau anggota masyarakat yang mengalami keadaan
politik, ekonomi ,sosial,dan budaya sebelum terjadinya peristiwa G 30 s/PKI
.kemudian buatlah kesimpulannya serta buatlah laporannya
Jelaskan
terjadinya peristiwa G 30 S /PKI dan cara penanggulangannya
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
..................
( …………………………………. )
NIP/NIK :
....................................
|
……………, ……………… 20 ….
Guru Mapel IPS,
( …………………………………. )
NIP/NIK :
....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ............................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas /
Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 7. Memahami perubahan pemerintah dan
kerjasama internasional
Kompetensi Dasar : 7.1 Menjelaskan berakhirnya masa Orde Baru
dan lahirnya Refomasi
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit (2x pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan
pembelajaran, siswa dapat :
_ Menyusun kronologi dan dan
mendiskripsikan perjuangan menumbangkan orde lama dan lahirnya orde baru
_ Mendeskripsikan upaya
penataan kehidupan politik dan pemerintahan
_ Mengidentifikasikan
pembangunan di bidang sosial ekonomi pada masa orde baru
_ Mendiskripsikan berakhirnya
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B.
Materi Ajar
Akhir Orde Baru dan lahirnya
reformasi
a. Perjuangan menumbangkan orde
lama dan lahirnya orde baru
b. Upaya penataan kehidupan
politik dan pemerintahan
c. Pembangunan di bidang sosial
ekonomi
d. Masa akhir orde baru
e. Lahirnya reformas
C.
Metode Pengajaran :
a. Ceramah bervariasi d. Tanya
jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi /
Pengamatan
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1
Materi :
Akhir Orde Baru dan lahirnya
reformasi
a. Perjuangan menumbangkan orde
lama dan lahirnya orde baru
b. Upaya penataan kehidupan
politik dan pemerintahan
c. Pembangunan di bidang sosial
ekonomi
Pendahuluan :
1. Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapihan kelas
2. Memberikan motivasi kepada
siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
3. Apersepsi ( pengetahuan
prasarat ) :
_ Materi tentang Pemberontakan
PKI 1965
_ Kita sering mendengar istilah
reformasi. Sebenarnya apa yang dimaksud
dengan reformasi?
Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Membaca
referensi dan mengamati gambar peristiwa –peristiwa perjuangan menumbangkan
orde lama dan lahirnya orde baru
F
Mendeskripsikan
lahirnya berbagai kesatuan aksi, lahirnya Tritura, dan Supersemar.
F
Membaca
referensi tentang upaya penataan kehidupan politik dan pemerintahan
F
Mengkaji
buku referensi mengenai Pemilu dan pembentukan pemerintahan berdasarkan UUD
1945
F
Dengan
buku referensi membuat resume mengenai pembangunan di bidang sosial ekonomi
pada masa orde baru
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
Pertemuan 2
Materi : Masa
akhir orde baru
Lahirnya reformas
Pendahuluan
1. Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapihan kelas
2. Motivasi, dapat dilakukan
dengan mengajukan pertanyaan misalnya :
- Siapakah presiden RI yang ke-3
3. Apersepsi ( pengetahuan
prasarat ) :
1. Bagaimanapun juga orde baru telah
menunjukan hasil-hasil pembangunan nasional.
2. Namun, mengapa orde baru runtuh?
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru
meminta siswa beberapa gambar/foto yang berkaitan dengan peristiwaperistiwa
yang melatarbelakangi runtuhnya orde baru.
F
Tanya
jawab mengenai kondisi ekonomi pada masa akhir orde baru
F
Mengkaji
referensi mengenai kondisi politik dan sosial pada masa akhir orde baru.
F
Mengkaji
referensi untuk mengidentifikasi alasan lahirnya reformasi
F
Mendeskripsikan
secara kronologis lahirnya reformasi
F
Guru
menjelaskan pemerintahan saat reformasi.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
E.
Sumber Belajar
_ Buku Platinum Pembelajaran
IPS terpadu
F.
Penilaian Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
· Menyusun kronologi dan dan mendiskripsikan peristiwa –peristiwa politik penting
pada masa Orde Baru
· Menggunakan data statistik untuk menguraikan proses perkembangan ekonomi pada masa
Orde Baru
· Mendiskripsikan berakhirnya Orde Baru dan
lahirnya Reformasi
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes Lisan
penugasan
|
1. Tokoh yang
berperan dalam keluarnya Supersemar adalah...
2.
Keberhasilan pembangunan di masa Orde baru terlihat pada pembangunan
bidang......
3. Pada masa
orde baru, secara de facto yang banyak memegang kedaulatan adalah......
4. Tokoh-tokoh
reformasi antara lain adalah.......
5. Persetujuan
Jakarrta untuk mengakhiri konfrontasi Indonesia – Malaysia ditandatangani
pada tanggal......
1.Buatlah
perbandingan pelaksanaan pemilu 1955 dan 1971. Uraikan perbandiangannya
mengenai jumlah konstestan, sistem pemilu, asas pemilu, sistem kepartaian.
Berikan pendapatmu bahwa pemilu berperan dalam menciptakan kehidupan politis
yang demokratis.
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
..................
( …………………………………. )
NIP/NIK :
....................................
|
……………, ……………… 20 ….
Guru Mapel IPS,
( …………………………………. )
NIP/NIK :
....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ............................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama
internasional
Kompetensi Dasar : 7.2 Menguraikan perkembangan lembaga
internasional dan peran Indonesia dalam kerjasama internasional
Alokasi Waktu : 4X 40 menit (2x pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan
pembelajaran, siswa dapat :
o Menguraikan secara kronologis
Konferensi Asia Afrika I
o Menguraikan secara kronologis
Konferensi Asia Afrika II
o Mendeskripsikan perkembangan
ASEAN dan peran Indonesia
o Mendiskripsikan perkembangan
keanggotaan dan aktivitas Perserikatan Bangsa-Bangsa dan peran Indonesia
o Mendeskripsikan perkembangan
Gerakan Non Blok dan peran Indonesia
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B.
Materi Ajar
Perkembangan bentuk-bentuk
kerjasama dan peran Indonesia di dunia Internasional
a. konferensi Asia Afrika I
b. Konferensi Asia Afrika II
c. ASEAN
d. Perserikatan Bangsa-bangsa
dan peran Indonesia
e. gerakan nonblok
C.
Metode Pengajaran :
a. Ceramah bervariasi d. Tanya
jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi /
Pengamatan
D.Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan 1
Materi :
a. konferensi Asia Afrika I
b. Konferensi Asia Afrika II
c. ASEAN
Pendahuluan :
1. Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapihan kelas
2. Memberikan motivasi kepada
siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
3. Apersepsi ( pengetahuan
prasarat ) :
• Indonesia memiliki kedudukan
dan peran di dunia Internasional
• Indonesia turut memprakarsai
lahirnya ASEAN, Gerakan Non Blok,
Konferensi Asia Afrika
Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mengkaji
referensi mengenai latar belakang diadakannya KAA I
F
Stanya
jawab tentang pertemuan-pertemuan pendahulu KAA I
F
Mengakaji
referensi untuk mengidentifikasi pelaksanaan KAA I
F
Menyebutkan
pengaruh dan akibat KAA I
F
Tanya
jawab yang berkaitan dengan KAA II, meliputi: waktu dan tempat penyelenggaraan;
peserta;hasil-hasil KAA II
F
Melalui
buku sumber, siswa dapat mendeskripsikan mengenai latar belakang berdirinya
ASEAN, terbentuknya ASEAN, keanggotaan ASEAN, tujuan dan kegiatan ASEAN
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
Pertemuan2
Materi :
a. Perserikatan Bangsa-bangsa
dan peran Indonesia
b. gerakan nonblok
Pendahuluan :
1. Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapihan kelas
2. Memberikan motivasi kepada
siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
3. Apersepsi ( pengetahuan
prasarat ) :
• Apa yang dimaksud dengan PBB
• Badan-badan apa saja yang
dimiliki PBB?
Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Tanya
jawab tentang Perserikatan bangsa-bangsa
F
Mengamati
gambar dan dan tanyajawab mengenai an Indonesia dalam PBB.
F
Mengkaji
referensi dan diskusi mengenai latar belakang munculnya gerakan Non Blok
F
Tanya
jawab yang berkaitan dengan tujuan GNB
F
Mengkaji
referensi untuk mengidentifikasi pelaksanaan KTT- GNB
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
E.
Sumber Belajar
_ Gambar-gambar /foto sejarah
_ Buku Platinum Pembelajaran
IPS terpadu
F.
Penilaian Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
· Menguraikan secara
kronologis Konferensi Asia Afrika dan mendiskripsikan peran Indonesia
· Mendeskripsikan perkembangan ASEAN dan
peran Indonesia
· Mendiskripsikan
perkembangan keanggotaan dan aktivitas Perserikatan Bangsa-Bangsa dan peran
Indonesia
· Mendeskripsikan perkembangan Gerakan Non Blok dan
peran Indonesia
|
Tes tulis
Tes unjuk
kerja
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes Uraian
Uji petik
kerja produk
Tes Uraian
Tes isian
|
Jelaskan
secara kronologis Konferensi Asia Afrika dan peran Indonesia.
Buatlah
rangkuman tentang perkembangan ASEAN secara kronologis dan peran Indonesia
dari hasil membaca referensi dan media
elektronik
Jelaskan bantuan
Perserikatan Bangsa- Bangsa terhadap Indonesia dan peran Indonesia dalam
Perserikatan Bangsa-Bangsa
Isilah
pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas
1.Gerakan Non
Blok tidak memihak blok –blok yang saling brtentangan yaitu ..........dan..........
2 Salah satu
peranan Indonesia dalam Gerakan Non Blok diantaranya sebagai..........
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
..................
( …………………………………. )
NIP/NIK :
....................................
|
……………, ……………… 20 ….
Guru Mapel IPS,
( …………………………………. )
NIP/NIK :
....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ............................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 7.
Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional
Kompetensi Dasar : 7.3 Menguraikan perilaku masyarakat dalam
perubahan sosial-budaya di era global
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit (2x pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan
pembelajaran, siswa dapat :
_ Mendeskripsikan masuk dan
berkembangnya Mengidentifikasi Respon masyarakat terhadap perubahan sosial
budaya
_ Mendeskripsikan perubahan
sosial budaya dalam masyarakat
_ Menguraikan sikap kritis
terhadap pengaruh perubahan sosial budaya
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B.
Materi Ajar
Perilaku Masyarakat dalam
perubahan Sosial Budaya
a. Respon masyarakat terhadap
perubahan sosial budaya
b. Dampak perubahan sosial
budaya dalam masyarakat
c. Sikap kritis terhadap
pengaruh perubahan sosial budaya
C.
Metode Pengajaran :
a. Ceramah bervariasi d. Tanya
jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi /
Pengamatan
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1 dav 2
Materi :
Perilaku Masyarakat dalam
perubahan Sosial Budaya
a. Respon masyarakat terhadap
perubahan sosial budaya
b. Dampak perubahan sosial
budaya dalam masyarakat
c. Sikap kritis terhadap pengaruh
perubahan sosial budaya
Pendahuluan :
1. Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapihan kelas
2. Memberikan motivasi kepada
siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
4. Apersepsi ( pengetahuan
prasarat ) :
_ Coba amati dan perhatikan kehidupan
masyarakat dilingkungan tempat tinggalmu!
_ Masih adakah kehidupan gotong royong?
Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
dengan
tanya jawab menyebutkan contoh-contoh terjadinya perubahan sosial.
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
memandu siswa untuk melakukan diskusi kelompok
F
Satu
kelompok terdiri dari 5 orang
F
Masing-masing
kelompok mendiskusikan:
a. respon masyarakat terhadap
perubahan sosial budaya
b. dampak perubahansosial
budaya dalam masyarakat
c. Mengidentifikasi sikap
kritis terhadap pengaruh perubahan sosial budaya
F
Mempresentasikan
hasil diskusi
F
guru
menilai tiap-tiap kelompok dalam presentasi
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
E.
Sumber Belajar
_ Pembelajaran IPS terpadu
_ Koran
_ Majalah
_ Radio
_ Televisi
F.
Penilaian Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
· Mengidentifikasi
ciri-ciri globalisasi.
· Mendeskripsikan dampak
globalisi terhadap masyarakat.
· Menguraikan perilaku
masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era global.
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis.
|
Tes Uraian
Tes Uraian
Tes Uraian
|
Sebutkan
ciri-ciri globalisasi!
Jelaskan
dampak globalisasi terhadap masyarakat.
Jelaskan
perilaku yang perlu dikembangkan oleh masyarakat dalam era globalisasi!
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
..................
( …………………………………. )
NIP/NIK :
....................................
|
……………, ……………… 20 ….
Guru Mapel IPS,
( …………………………………. )
NIP/NIK :
....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ............................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama
internasional
Kompetensi Dasar : 7.4 Mendeskripsikan kerjasama antarnegara
di bidang ekonomi
7.5.Mengiden-tifikasi dampak kerjasama antarne-gara terhadap perekonomian Indonesia
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit (2x pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan
pembelajaran, siswa dapat :
• Menjelaskan arti kerjasama
ekonomi antarnegara.
• Mengidentifikasi tujaun
kerjasama ekonomi internasional
• Mengidentifikasi
bentuk-bentuk kerja sama antarnegara
• Mengidentifikasi dampak
kerjasama ekonomi internsional
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B.
Materi Ajar
Kerjasama Ekonomi Internasional
a. Pengertian kerjasama ekonomi
internasiona;
b. Tujuan kerjasama ekonomi
internasional (Antar negara)
c. Bentuk kerjasama ekonomi
internasional
d. Dampak kerjasama ekonomi
internasional
C.
Metode Pengajaran :
a. Ceramah bervariasi d. Tanya
jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi /
Pengamatan
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1
Materi :
Kerjasama Ekonomi Internasional
a. Pengertian kerjasama ekonomi
internasiona;
b. Tujuan kerjasama ekonomi
internasional (Antar negara)
Pendahuluan :
1. Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapihan kelas
2. Memberikan motivasi kepada
siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
5. Apersepsi ( pengetahuan
prasarat ) :
_ Negara satu dengan negara yang lainnya
saling membutuhkan
_ Dengan demikian dibutuhkan kerjsama
antarnegara.
_ Dengan adanya wadah kerja sama, maka
negara anggota akan memperoleh manfaatnya.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
dengan
tanya jawab menyebutkan contoh-contoh terjadinya perubahan sosial.
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
memandu pembagian kelompok
F
setiap
kelompok terdiri dari 4-5 orang
F
setiap
kelompok diberi materi mengenai:
a. pengertian kerjasama ekonomi
internasional
b. latar belakang timbulnya
kerjasama ekonomi internasional
c. manfaat kerjsama ekonomi
internasional
d. tujuan kerjasama ekonomi
internasional
F
setelah
selesai berdiskusi, masing-masing kelompok mempresentasikan
F
Guru
menilai presentasi tiap-tiap kelompok
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
Pertemuan 3-4
Materi :
a. Bentuk kerjasama ekonomi
internasional
b. Dampak kerjasama ekonomi
internasional
Pendahuluan
1. Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapihan kelas
2. Memberi motivasi kepada
siswa agar siap untuk mengikuti pembelajaran
3. Apersepsi dapat dilakukan
dengan mengajukan pertanyaan misalnya :
Pengertian kerja sama ekonomi
internasional
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
dengan
tanya jawab menyebutkan contoh-contoh terjadinya perubahan sosial.
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
memandu pembagian kelompok
F
setiap
kelompok terdiri dari 4-5 orang
F
setiap
kelompok diberi materi mengenai:
a. bentuk kerjasama
b. badan kerjasama regional
c. badan kerjasama multilateral
d. dampak kerjasama ekonomi
internasional bagi negara yang terlibat
e. dampak kerjasama ekonomi
internasional bagi perekonomian Indonesia
F
setelah
selesai berdiskusi, masing-masing kelompok mempresentasikan
F
Guru
menilai presentasi tiap-tiap kelompok
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik
yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
E.
Sumber Belajar
• Buku Platinum Pembelajaran
IPS terpadu
• mata uang asing
• Koran dan majalah
• Daftar oganisasi
kerjasamaekonomi antarnegara
F.
Penilaian Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
·
Mendefinisikan pengertian kerja sama ekonomi
antarnegara.
·
Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya kerjasama ekonomi
antarnegara.
·
Mendeskripsikan tujuan kerjasama
ekonomi antarnegara
·
Mengidentifikasi hambatan-hambatan
dalam kerjasama ekonomi antarnegara.
·
Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerja sama antarnegara
·
Mengidentifikasi badan-badan kerja sama ekonomi yang bersifat regional
maupun multilateral yang penting bagi
Indonesia.
· Mengidentifikasi
badan-badan kerjasama ekonomi regional dan multilateral.
· Mendeskripsikan dampak
kerjasama ekonomi antar negara terhadap perekonomian Indonesia.
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes Lisan
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Penugasan
|
Tes Uraian
Tes uraian
Daftar
Pertanyaan
Tes uraian
Tes uraian
Tes uraian
Tes Uraian
Tugas rumah
|
Jelaskan pengertian kerjasama ekonomi antarnegara
Sebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya kerjasama ekonomi antarnegara.
Sebutkan tujuan kerjasama ekonomi antarnegara
Sebutkan hambatan-hambatan
kerjasama ekonomi antarnegara
Sebutkan bentuk-bentuk kerja sama antar negara dan contohnya
masing-masing.
Sebutkan beberapa badan/ organisasi kerjasama antarnegara yang bersifat
regional maupun yang multilateral
Sebutkan badan-badan kerjasama ekonomi yang bersifat regional
Apakah dampak kerjasama
ekonomi antarnegara bagi perekonomian Indonesia ?
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
..................
( …………………………………. )
NIP/NIK :
....................................
|
……………, ……………… 20 ….
Guru Mapel IPS,
( …………………………………. )
NIP/NIK :
....................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar