Minggu, 10 Juni 2012
Perangkat Pembelajaran IPS Berkarakter (Silabus Kls 9 Semester I)
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : MTS .........................
Kelas :
IX (sembilan)
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Semester : 1
(satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami kondisi
perkembangan negara di dunia.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran*
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1. Mengidentifikasi
ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
|
Ciri-ciri
negara berkembang dan negara maju.
Persebaran
negara-negara berkembang dan negara-negara
maju di dunia.
Negara-negara
yang digolongkan sebagai negara berkembang dan negara maju.
|
Merumuskan
ciri-ciri negara berkembang dan negara maju.
Diskusi
tentang contoh negara-negara berkembang
dan negara-negara maju di Asia, Eropa, Afrika, Amerika, dan .
Mengamati
peta tentang persebaran negara-negara berkembang dan negara-negara maju.
|
· Mengidentifikasi
ciri-ciri negara berkembang dan negara maju.
· Membuat peta
wilayah negara berkembang dan negara maju.
· Memberi contoh
negara-negara yang tergolong kedalam negara berkembang dan negara maju
beserta alasannya.
|
Tes
tulis.
Unjuk
kerja
Tes
unjuk kerja
|
Tes
Uraian.
Uji
petik kerja produk.
Tes identifikasi
|
Sebutkan
masing-masing dua ciri negara berkembang dan negara maju.
Buatlah
peta persebaran negara-negara berkembang dan negara-negara maju di dunia pada
kertas HVS.
Tunjukkan
negara-negara berkembang di kawasan benua Amerika pada peta
|
8 JP
|
·
Peta Dunia.
Peta Asia.
Peta
Eropa.
Peta
Afrika.
Peta
Amerika.
LKS
CD
Buku
Geografi yang relevan.
|
1.2 Mendes-krepsikan Perang Dunia II (termasuk
penduduk-an Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan
politik di Indonesia
|
Latar
belakang ,fihak-fihak yang berperang
Dalam
Perang Dunia II
Perang
Dunia II di Asia dan Pasifik serta pendudukan militer Jepang di Indonesia
Pengaruh
kebijakan pemerintah pendudukan Jepang
Bentuk
–bentuk perlawanan rakyat dan pergerakan kebangsaan Indonesia;melalui
MIAI,gerakan bawah tanah,perjuangan
Bersenjata
|
Membaca
buku referensi,mengamati peta Perang Dunia II dan gambar untuk membahas
Perang Dunia II
Membaca
buku sumber yang relefan dan mengamati gambar untuk membahas perang Dunia II
di Asia Pasifik serta pendudukan militer Jepang di Indonesia
Mengamati
gambar dan membaca referensi pengaruh kebijakan pemerintah pendudukan Jepang
terhadap kehidupan ekonomi ,sosial dan pergerakan kebangsaan Indonesia
Mengamati gambar dan membaca referensi untuk membahas perlawanan rakyat terhadap
Jepang
|
· Menjelaskan secara kronologis Perang Dunia II
· Mengidentifikasi Perang
Dunia II di Asia Pasifik serta pendudukan militer Jepang di Indonesia
· Menjelaskan pengaruh
kebijakan pemerintah pendudukan Jepang terhadap kehidupan ekonomi,sosialdan
pergerakan kebangsaan Indonesia
· Mendeskripsikan bentuk-bentuk perlawanan
rakyat dan pergerakan kebangsaan Indonesia di berbagai daerah pada masa
pendudukan Jepang
|
Tes tulis
Penugasan
Tes tulis
Penugasan
|
Tes Uraian
Tugas Proyek
Tes Uraian
Tugas rumah
|
Jelaskan
penyebab terjadinya Perang Dunia II
Kumpulkan
gambar gambar dari referensi atau sumber yang relefan tentang Perang Dunia II
di Asia Pasifik serta pendudukan militer Jepang di Indonesia dan susunlah
secara historis kronologis!
Jelaskan
pengaruh kebijakan pemerintah pendudukan Jepang dalam kehidupan ekonomi
rakyat Indonesia
Buatlah
rangkuman dari referensi atau sumber lain yang relefan tentang salah satu
perlawanan dari daerah tertentu terhadap pemerintahan pendudukan Jepang dan
berikan tanggapanmu!
|
10 JP
|
Buku
sumber yang relevan
Foto/gambar
Atlas
sejarah
Atlas
Sejarah
Situs
sejarah
Musium
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes )
Ketelitian ( carefulness)
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................
( …………………………………. )
NIP/NIK :
......................................
|
|
……………, ……………… 20 ….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
( …………………………………. )
NIP/NIK : ......................................
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : MTS .........................
Kelas :
IX (sembilan)
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Semester : 1
(satu)
Standar Kompetensi : 2, Memahami usaha
mempertahankan kemerdekaan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran*
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1. Mengidentifikasi usaha
perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
|
Faktor
–faktor yang menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda
karena Belanda ingin berkuasa kembali di Indonesia
Peran
dunia internasional dalam konflik Indonesia- Belanda membantu penyelesaian
konflik
Pengaruh
konflik Indonesia –Belanda terhadap keberadaan negara kesatuan Republik
Indonesia
Aktifitas
diplomasi Indonesia di dunia internasional untuk mempertahankan kemerdekaan
Perjuangan
rakyat dan pemerintah diberbagai daerah dalam usaha mempertahankan
kemerdekaan Indonesia
Faktor-faktor
yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia
|
Membaca
buku referensi untuk mengetahui faktor –faktor yang menyebabkan terjadinya
konflik antara Indonesia dengan Belanda.
Menelaah
gambar peran dunia internasional dalam
konflik Indonesia- Belanda dengan mengamati gambar/foto-foto sejarah
Menelaah
referensi pengaruh konflik Indonesia –Belanda terhadap keberadaan negara
kesatuan Republik Indonesia
Menelaah
dengan referensi aktifitas diplomasi Indonesia di dunia internasional untuk
mempertahankan kemerdekaan
Menggali
informasi dari tokoh yang pernah berperan dalam perjuangan rakyat dan
pemerintah diberbagai daerah dalam usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia
Menelaah
dengan referensi faktor-faktor yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia
|
· Mendiskripsikan faktor
–faktor yang menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda
· Mendiskripsikan peran dunia
internasional dalam konflik Indonesia-
Belanda
· Mendiskripsikan
pengaruh konflik Indonesia –Belanda terhadap keberadaan negara kesatuan Republik Indonesia
· Melacak atifitas
diplomasi Indonesia di dunia
internasional untuk mempertahankan kemerdekaan
· Mendiskripsikan
perjuangan rakyat dan pemerintah di berbagai daerah dalam usaha
mempertahankan Indonesia
· Mengidentifikasi faktor- faktor yang memaksa Belanda keluar dari
Indonesia
|
Tes
terulis
Penugasan
Tes
tulis
Tes
tulis
Wawancara
Tes
tulis
|
Tes
pilihan ganda
Tugas
proyek
Tes
pilihan ganda
Tes
uraian
Pedoman
wawancara
Tes
uraian
|
Faktor- faktor penyebab terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda diantaranya
Ialah….
a.Belanda membonceng NICA
b.Belanda ingin berkuasa kembali
c.Sekutu membantu Belanda
d.Beelanda berhasil mengalahkan Jepang
Carilah gambar peran
dunia internasional dalam konflik Indonesia Belanda dan berikan tanggapanmu
Pengaruh konflik Indonesia –Belanda terhadap keberadaan negara kesatuan Republik
Indonesia....
a. mendapat bantuan persenjataan
dari Rusia
b. menjadi pembahasan dalam Dewan
Keamanan
c. Indonesia mendapat bantuan
ekonomi dari Amerika
d. Belanda mendapat kecaman dari
negara Eropa
Berilah
contoh aktifitas Indonesia di dunia internasional untuk mempertahankan
kemerdekaan
Adakan
wawancara kepada tokoh didaerahmu yang pernah ikut berjuang dalam usaha
mempertahankan kemerdekaan dan buatlah laporannya
Sebutkan faktor- faktor yang
memaksa Belanda keluar dari Indonesia
|
8 JP
|
Buku
bacaan yang relevan
Atlas
sejarah
Lukisan
sejarah
Foto
dan gambar sejarah
Musium
|
2.2. Mendeskripsikan
peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan
|
Proses
kembalinya Republik Indonesia sebagai negara kesatuan
Berbagai
peristiwa yang berhubungan dengan Pemilihan Umum 1955 di tingkat pusat dan
derah
Dekrit
Presiden 5 Juli 1955 dan pengaruh yang ditimbulkannya
Dampak
persoalan hubungan pusat –daerah persaingan ideologis ,dan pergolakan sosial
–politik lainnya terhadap kehidupan politik nasional dan daerah sampai awal
tahun 1960 an
|
Membaca
buku referensi dan menelaah gambar proses kembalinya Republik Indonesia
sebagai negara kesatuan
Membaca
referensi dan mengamati gambar berbagai peristiwa yang berhubungan dengan
Pemilihan Umum 1955 di tingkat pusat dan daerah
Mengkaji
dengan referensi dikeluarkannya Dekrit Prresiden 5 juli 19559 dan pengaruh
yang ditimbulkannya
Membaca
berbagai referensi , foto dan gambar untuk menelaah dampak persoalan hubungan
pusat- daerah, persaingan ideologis , dan pergolakan sosial- politik lainnya
terhadap kehidupan politik nasional dan daerah sampai awal tahun 1960 an
|
· Mendiskripsikan proses kembalinya Republik Indonesia sebagai
negara kesatuan
· Mendiskripsikan berbagai peristiwa yang berhubungan
dengan Pemilihan Umum 1955 di tingkat pusat dan daerah
· Menjelaskan alasan dikeluarkanya Dekrit Presiden 5 Juli 1959 dan pengaruh yang ditimbulkannya
· Menjelaskan dampak
persoalan hubungan pusat-daerah , persaingan ideologis ,dan pergolakan
sosial-politik lainnya terhadap kehidupan politik nasional dan daerah sampai
awal tahun !960-an
|
Penugasan
Tes
unjuk kerja
Tes
tulis
Penugasan
|
Tugas rumah
Tes
simulasi
Tes
Uraian
Tugas
rumah
|
Kumpulkan
gambar proses kembalinya Republik Indonesia sebagai negara kesatuan dan
berikan tanggapanmu!
Lakukan
secara berkelompok peragaan proses
Pemilu 1955 dengan peralatan yang sudah disediakan
Jelaskan
alasan dikeluarkannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959 dan pengaruh yang
ditimbulkannya
Kumpulkan
foto/gambar dampak persoalan hubungan pusat-daerah, persaingan ideologis, dan
pergolakan sosial politik lainnya terhadap kehidupan politik nasional dan
daerah sampai awal tahun 1960-an dan berikan tanggapanmu sebagai laporan.
|
8 JP
|
Buku
sumber yang relefan
Foto/gambar
sejarah
Atlas
sejarah
Musium
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes )
Ketelitian ( carefulness)
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................
( …………………………………. )
NIP/NIK :
......................................
|
|
……………, ……………… 20 ….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
( …………………………………. )
NIP/NIK :
......................................
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : MTS .........................
Kelas :
IX (sembilan)
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Semester : 1
(satu)
Standar Kompetensi : 3.
Memahami perubahan sosial budaya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran*
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1 Mendeskripsikan
perubahan sosial-budaya pada masyarakat.
|
Bentuk-bentuk
perubahan sosial budaya.
-
Perubahan secara cepat (revolusi).
-
Perubahan secara lambat (evolusi).
Faktor-faktor pendorong perubahan
sosial masyarakat.
·
Faktor-faktor penghambat perubahan sosial budaya.
·
Faktor-faktor penyebab perubahan sosial.
-
Faktor –faktor internal.
-
Faktor-faktor eksternal.
|
Diskusi tentang contoh-contoh perubahan sosial budaya, untuk
menyimpulkan bentuk-bentuk perubahan sosial budaya.
Diskusi
tentang faktor-faktor pendorong perubahan sosial budaya.
Diskusi tentang faktor-faktor penghambat perubahan sosial budaya.
Tanya jawab tentang penyebab perubahan sosial
budaya.
|
· Memberi contoh
terjadinya perubahan sosial budaya.
· Menguraikan
faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial budaya.
· Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab perubahan sosial.
· Mengidentifikasi
penyebab perubahan sosial budaya.
|
Kuis
Tugas
Tes
tulis
Tes
tulis
|
Pertanyaan
lisan
Rubrik
Tes
uraian
Tes
uraian
|
Berikan
satu contoh perubahan sosial secara cepat (revolusi) !
Buatlah
kliping berupa 10 (sepuluh) berita dari surat kabar atau tabloid tentang perilaku masyarakat akibat adanya
perubahan sosial budaya.
Tulislah
sikap yang seharusnya kita milki dari setiap berita yang kamu kliping.
Sebutkan
faktor-faktor penghambat perubahan sosial budaya!
Tuliskan
dua faktor internal yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya !
|
8 JP
|
·
VCD
·
·
Tabloid/
surat kabar
Buku sumber yang relevan
|
3.2
Menguraikan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan
|
Tipe-tipe masyarakat dalam menyikapi perubahan
Contoh
perilaku masyarakat sebagai akibat adanya perubahan sosial budaya.
|
Membaca
buku sumber tentang tipe-tipe masyarat dalam menyikapi perubahan.
Diskusi
tentang perilaku masyarakat sebagai akibat positif dan negatif adanya
perubahan sosial budaya.
|
· Mengidentifikasin
tipe-tipe masyarakat dalam menyikapi perubahan.
· Memberi contoh
perilaku masyarakat sebagai akibat adanya perubahan sosial budaya.
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes uraian
|
Jelaskan
sikap masyarat terpencil dalam menghadapi perubahan?
Berikan
contoh perilaku positif sebagai akibat perubahan sosial budaya!
|
6 JP
|
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes )
Ketelitian ( carefulness)
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : MTS .........................
Kelas :
IX (sembilan)
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Semester : 1
(satu)
Standar Kompetensi : 4. Memahami Lembaga Keuangan dan Perdagangan.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran*
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1.Mendeskripsi-kan uangdan
lembaga keuangan
|
Sejarah
terjadinya uang dan pengertian uang
Ssyarat-syarat
suatu benda dapat dijadikan uang
Fungsi
uang (fungsi asli dan fungsi turunan)
Jenis-jenis
uang
(
uang kartal dan uang giral )
Nilai
mata uang (nilai intrinsik, nilai
nominal,
nilai
internal dan nilai eksternal )
Mata
uang asing
Kurs
mata uang
Praktek
jual/beli valuta asing
Pengertian
bank dan sejarah terjadinya bank
Azas,
prinsip, fungsi dan tujuan perbankan di Indonesia
Jenis-jenis bank dan tugas pokok .
Produk-produk bank
Praktek
menabung di bank
Pengertian
lembaga keuangan bukan bank
Fungsi,
peranan dan manfaat lembaga keuangan bukan bank
Contoh
lembaga keuangan bukan bank
Produk-produk
asuransi atau pegadaian
|
Mendiskusikan
pengerian dan sejarah terjadinya uang
Tanya
jawab syarat-syarat benda bisa dijadikan uang
Membaca
literatur dan
mendiskusikan
tentang fungsi dan
jenis uang
Membaca
buku sumber tentang jenis-jenis uang dan mendiskusikan
Mendiskusikan Nilai mata uang (nilai intrinsik, nilai nominal,
nilai
internal dan nilai eksternal )
Membuat
daftar nama mata uang
asing
sekaligus nilai kursnya
Memabac
literatur dan menjelaskan pengertian kurs dan
pengaruh naik-
turunnya
kurs terhadap dunia usaha
Simulasi
cara jual/beli
valuta
asing
Mendiskusikan
pengertian dan azas, dan prinsip,
fungsi dan tujuan perbankan
-Tanya jawab tentang azas, prinsip, fungsi dan tujuan
perbankan
Mendiskusikan
jenis-jenis bank dan tugas pokok .
Mendiskusikan Produk-produk bank
Praktek menabung di bank
Mendiskusikan
pengertian, fungsi, peranan dan manfaat lembaga keuangan bukan bank bagi peningkatan kesejahteraaan
rakyat banyak
Mendiskusikan lembaga keuangan bukan bank yang ada di lingkungan sekitar
Melakukan survey
pada asuransi (produk dan manfaat asuransi) atau pegadaian (jenis barang yang dapat
digadaikan dan penentuan nilai agunan)
Melakukan kegiatan
survey pada asuransi tentang
produk-produk asuransi atau di pegadaian tentang jenis-jenis barang yang bisa
digadaikan
|
·
Mengidentifikasi sejarah terjadinya uang dan pengertian uang
·
Mengidentifikasi syarat-syarat suatu benda dapat dijadikan uang.
·
Mendiskripsikan fungsi uang (fungsi asli dan fungsi turunan)
·
Mengidentifikasi jenis-jenis uang ( uang kartal dan uang giral )
·
Mendiskripsikan nilai mata uang ( nilai intrinsik, nilai nominal, nilai internal dan nilai eksternal )
·
Mendeskripsikan mata uang asing
·
Mendefinisikan nilai kurs mata uang ( kurs jual, kurs beli dan kurs
tengah ) serta manfaatnya.
·
Melakukan kegiatan praktek
jual/beli valuta asing
·
Menjelaskan pengertian bank dan sejarah terjadinya bank
·
Mengidentifikasi azas, prinsip, fungsi
dan tujuan perbankan di Indonesia.
·
Mendiskripsikan jenis-jenis bank
serta tugas pokoknya
·
Mengidentifikasi produk-produk bank
·
Melakukan kegiatan menabung di bank
·
Menjelaskan pengertian lembaga keuangan bukan bank
·
Mengidentifikasi fungsi, peranan dan manfaat lembaga keuangan bukan bank
(pegadaian, asuransi, lembaga pensiun,
koperasi simpan pinjam ) bagi peningkatan kesejahteraaan rakyat banyak
·
Membuat daftar contoh lembaga keuangan bukan bank milik pemerintah dan milik
swasta nasional maupun swasta asing
·
Melakukan kegiatan survey pada asuransi tentang produk-produk asuransi atau di pegadaian
tentang jenis-jenis barang yang bisa digadaikan
|
Tes
tulis
Tes tulis
Tes
Lisan
Tes
tulis
- Tes
Penugasan
- Tes
Unjuk Kerja
Tes
tulis
Tes tulis
Penugasan
Tes Observasi
Tes tulis
- Tes
Lisan
-
Penugasan
Tes
tulis
Tes
tulis
Penugasan
Observasi
|
Tes Uraian
Te s Pillihan
Ganda
Daftar Pertanyaan
Tes uraian
- Tugas Rumah (PR)
- Tes Simulasi
Tes uraian
Tes Uraian
Tugas Rumah (PR)
Lembar observasi
Tes Uraian
Daftar Pertanyaan
Tugas Rumah (PR)
Tes uraian
Tes uraian
Tugas rumah
Lembar observasi
|
Jelaskan
secara singkat tentang sejarah terjadinya uang
Syarat
benda dapat dijadikan uang adalah ... .
a.
mudah dipindahkan
b.
mudah disimpan
c. memiliki beberapa kualitas
d. memiliki nilai tetap
Fungsi
asli dari uang adalah ......
Apa
perbedaan uang kartal dan uang giral ?
Apa
beda nilai intrinsik dan nilai nominal mata uang ?
Buatlah
daftar mata uang asing dan asal negaranya.
Jelaskan
perbedaan kurs beli dan kurs jual mata uang asing
Tugas
kelompok :
Secara
kelompok/ patungan, coba kalian ke tempat penukaran mata uang asing/bank dan
belilah uang asing sesuai dengan kemampuan
Jelaskan pengertian bank
Apakah
fungsi bank bagi masyarakat ?
Sebutkan
jenis-jenis bank dan tugas masing-masing
Sebutkan
beberapa produk-produk bank
Amatilah bagaimana proses membuka tabungan
di bank .
Jelaskan pengertian lembaga keuangan bukan
bank
Apakah
peranan Asuransi sebagai lembaga
keuangan bukan bank bagi masyarakat ?
Kamu
catat nama-nama sejumlah lembaga
keuangan bukan bank yang berada di lingkungan tempat tinggalmu.
Lakukan
pengamatan pada salah satu pegadaian dilingkunganmu, siapa nasabahnya, jenis
barang apa yang digadaikan, apa alasannya, dan lain-lainnya.
|
12 JP
|
Buku Materi
Mata uang
Kantin dan
Sekolah
Pasar
Media
cetak
dan elektro
nika tentang
informasi kurs mata uang asing
|
4.2.Mendes-kripsikan perdaga
ngan
internasio-nal dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia
|
Pengertian
perdagangan dan faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya perdagangan
internasional.
Manfaat
perdagangan internasional
Hambatan
perdagangan internasional.
Perbedaan
perdagangan dalam negeri dengan perdagangan internasional
Komoditi
ekspor/impor Indonesia.
Pengertian
dan fungsi dan jenis-jenis devisa , serta mengidentifikasi sumber-sumber dan
tujuan penggunaan devisa.
Dampak
perdagangan internasional terhadap perkembangan perekonomian Indonesia
|
Mendiskusikan
pengertian dan faktor-faktor yang mempengaruhi tibulnya perdgangan internasional
Tanya
jawab tentang manfaat perdagangan internasional
Mendiskusikan
hambatan perdagangan internasional
Membaca
literatur dan mendiskusikan perbedakan perdagangan dalam negeri dengan
perdagangan internasional
Tanya
jawab tentang jenis komoditi ekspor/impor Indonesia
Setelah
membaca literatur siswa mendiskusikan pengertian, fungsi, sumber,
dan jenis-jenis serta tujuan penggunaan devisa
Mendiskusikan
dampak perdaga- ngan internasional
bagi perekonomian Indonesia
|
·
Mendefinisikan pengertian
perdagangan dan faktor-faktor yang menyebabkan
timbulnya perdagangan internasional
·
Mengidentifikasi manfaat perdagangan internasional
·
Mengidentifikasi hambatan perdagangan internasional
·
Mengidentifikasi perbedaan perdagangan dalam negeri dengan perdagangan internasional
·
Mengidentifikasi komoditi ekspor/impor Indonesia.
·
Mendeskripsikan pengertian dan fungsi dan jenis-jenis devisa , serta
mengidentifikasi sumber-sumber dan
tujuan penggunaan devisa.
·
Dampak perdagangan internasional terhadap perekonomian
Indonesia
|
Tes tulis
Tes
Lisan
Tes
Lisan
Tes
Lisan
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes
tulis
-
-
-
|
- Tes Uraian
Daftar Pertanyaan
Daftar Pertanyaan
Daftar Pertanyaan
Tes Isian
Tes uraian
Tes uraian
|
Jelaskan
pengertian penyebab timbulnya perdagangan internasional
Sebutkan
manfaat perdagangan internasional bagi
negara-negara berkembang
Ssebutkan
apa hambatan perdagangan internasional
Tentukan
beberapa hal yang membedakan perdagangan dalan negeri dengan perdagangan
Internasional
Jenis
komoditi ekspor Indonesia adalah ......., ......, ......., .........
Apakah
devisa itu ?
Sebutkan
dampak positif maupun negatif perdagangan internasional terhadap perekonomian
Indonesia!
|
8 JP
|
Buku
yang relevan
Mata
uang asing
Daftar
barang-barang komoditi
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes )
Ketelitian ( carefulness)
|
Keterangan:
#
Sesuai Standar Proses, pelaksanaan
kegiatan pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Dalam silabus pembelajaranini pada kolom
kegiatan pembelajaran hanya berisi
kegiatan inti.
Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................
( …………………………………. )
NIP/NIK : ......................................
|
|
……………, ……………… 20 ….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
( …………………………………. )
NIP/NIK :
......................................
|
Langganan:
Postingan (Atom)